Info wisata kekinian

Main Bareng Pelikan di The Entrance


Sebagai anak yang lahir dan besar di kota Jakarta mampu dibilang aku termasuk jarang bertemu dengan hewan-hewan liar yang ga umum. Paling sering juga ketemu hewan-hewan domestik menyerupai kucing, anjing, ayam, bebek, entok (duh kalian pasti penasaran kan di Jakarta bab mana mampu ketemu angsa sama entok?). Untuk unggas yang mampu terbang paling sering paling hanya sebatas merpati burung gereja, burung kakak renta peliharaan yang lepas atau mungkin burung dara. Ternyata hal sesimpel 'jarang lihat macam-macam hewan liar' ini mampu menjadi kegembiraan besar loh ketika tahun lalu aku menginjakan kaki di Sydney.

Setelah sebelumnya kendaraan beroda empat yang aku tumpangi sempat hampir menabrak wallaby yang menyebrang jalan dikala akan ke Jenolan caves ,saya belum pernah lagi bertemu hewan 'liar' lain berkeliaran selain burung camar, belibis dan kakak tua. Kemudian aku sempat ingat ada seorang sahabat pernah menyebutkan bahwa ada beberapa tempat di Central Coast yang memungkinkan kita untuk bertemu beberapa hewan liar dan bermain dengan mereka dari jarak dekat, menyerupai Morriset yang terkenal dengan Kangguru liarnya.


Suasana di bus menuju The Entrance

Ternyata selain taman di Morriset, ada satu tempat lagi berjulukan The Entrance atau secara harfiahnya dalam bahasa Indonesia berarti "Pintu Gerbang Masuk". Ada apa sih di The Entrance? di sini  pengunjung mampu bertemu sekelompok Pelikan liar dan setiap harinya sekitar pukul 4 sore akan ada "feeding time session" yang diselenggarakan pemerintah setempat. Kegiatan ini mampu disaksikan oleh siapapun secara gratis. 

Beberapa bulan yang lalu, dikala aku iseng mencoba naik kereta paling pagi ke arah Newcastle aku memutuskan untuk turun di Wyong dan melanjutkan perjalanan dengan Bis ke The Entrance. Hasilnya? aku kepagian ke tempat ini hahahah. Well gimana engga kepagian, aku hingga di The Entrance jam 7 pagi sedangkan acara memberi makan Pelikannya gres mulai jam 4 sorenya.

Pertama kali ke The Entrance datangnya kepagian, Pelikannya masih di tengah-tengah

Untungnya ada satu Pelikan mau main ke pinggir

Kota ini tidak terlalu besar namun memiliki beberapa kemudahan menarik untuk pengunjung. Mulai dari taman bermain air gratis di waterfrontnya, taman yang penuhi rumput hijau di bersahabat tempat memberi makan Pelican hingga kemudahan sepeda berbayar yang mampu dipinjam pengunjung untuk berwisata di tempat sekitar (bahkan di Sydney ga ada nih kayak ginian).

Di pagi hari, para Pelikan itu berkumpul di tengah-tengah Danau Tuggerah yang ternyata dikala sore harinya gres kelihatan bahwa di tengah-tengah itu ada "pulau" kecil. Perairan di danau ini terbilang hening dan di sore hari airnya tampak sedikit surut sehingga ada beberapa orang yang nekat nyebrang ke pulau yang ada di tengah tadi demi selfie bareng para Pelikan. Saya? aku sih sibuk foto dan video-in Pelikan dikala mereka ke pinggir aja. Main air pas lagi ekspresi dominan cuek bukan hal yang menarik kan yah? hihihihihi.

Saat jam memberi makan tiba dengan sendirinya pasukan Pelican ini mampir ke waterfront untuk berkumpul ke arah "pawang" yang sudah siap dengan beberapa baskom besar berisi makanan lezat untuk mereka. Lucunya, si Pawang ini menyerupai memanggil nama mereka satu persatu, well aku sih agak sedikit sangsi "Ibu ini beneran namain Pelikan satu-satu atau hanya buat menarik pengunjung aja yaa?". Beberapa Pelikan tampak menyerupai berbaris sambil menunggu dikasih makan.


Pelikan aja mau berbaris rapih sambil nunggu dikasih makan

 Masih nyoba bersabar ngantri dikasih makan

 Ujung-ujungnya berebutan juga sih

Selama kurang lebih 45 menit, para Pelikan ini 'adu cantik' dan berebutan makanan di pinggir danau sambil sibuk meladeni selfie bareng pengunjung menyerupai aku ini. Jangan ditanya gimana perasaan aku dikala itu, selain alasannya yaitu pas banget cuaca cerah sehingga foto-foto yang diambil jadi kece, aku senang luar biasa alasannya yaitu alhasil mampu main bareng puluhan Pelikan ini di luar kebun binatang. Kapan lagi mampu main sedekat ini dengan Pelikan? yee kan?

Psst: Selfie bareng Pelikan ga mudah, aku sibuk ngejar-ngejar mereka dan tetap tidak berhasil 😅

Back To Top