Info wisata kekinian

Oleh-oleh dan Wisata Kuliner di Yogyakarta

Udah pada tau dong kalo negara kita ini surga masakan banget. Indonesia memiliki beragam masakan di tiap-tiap daerah. Salah satu masakan di tanah air yang memiliki cita rasa khas serta banyak peminatnya yaitu masakan tempat Yogyakarta. Tidak hanya gudeg dan krecek, di perjalanan liburan kalian ke Yogyakarta juga boleh loh merasakan aneka destinasi wisata masakan lainnya. 

Bakpia Pathok
Bakpia ialah makanan yang terbuat dari kacang hijau, gula dan tepung. Makanan yang menggunakan proses pemanggangan pada pembuatannya ini merupakan salah satu makanan yang populer dari keluarga Cina dan Tionghoa. Dinamakan bakpia pathok alasannya yakni bakpia yang diketahui oleh masyarakat luas itu awalnya berada di tempat Pathuk, Yogyakarta. Seiring bertambahnya jaman, bakpia kini juga berisikan cokelat hingga keju. Bakpia yang terkenal di Yogya yaitu Bakpia 25, Bakpia 75 dan Bakpia Kurniasari. Kalo saya sih lebih sering beli bakpia 25 hingga pribadi ke toko yang juga merangkap pabrik pembuatannya.

Yangko


Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Awal mulanya yangko berisi campuran cincangan kacang dan gula, namun ketika ini yangko juga sudah memiliki variasi rasa gres seperti strawberry dan durian. Makanan khas ini banyak ditemukan di wilayah Kotagede, Yogyakarta.

Geplak
Satu lagi cemilan manis yang cocok buat buah tangan dari Yogyakarta yakni geplak. Geplak dibuat dari kelapa yang dimasak dengan campuran gula. Makanan ringan yang satu ini biasanya dibuat berwarna-warni dengan ukuran kecil-kecil. Biasanya dijual dalam kemasan besek kotak anyaman bambu dan cocok banget buat jadi sahabat minum teh.

Soto Lenthok Pak Karjo
Tempat makan ini selalu ramai peminat terutama pada ketika pagi hari. Akan banyak masyarakat sekitar yang menikmati sarapan di tempat ini. Soto Lenthok Pak Karjo memiliki ramuan khusus yang dapat mebuat anda selalu ingin kembali dan mencicipinya lagi. Warung soto ini terletak di Jl. Prof. Herman Yohannes, Sagan, Yogyakarta.


Soto Sulung Stasiun Tugu
Masih seputar dunia persotoan, satu lagi soto yang terkenal yakni soto sulung yang terletak di akrab Stasiun Tugu. 

Sate Klathak Pak Pong
Sate yang satu ini pasti udah sering kalian dengar deh namanya. Sate klathak yakni sate kambing muda yang disajikan 'beda' dari sate lain alasannya yakni dagingnya ditusuk menggunakan jeruji besi jari-jari sepeda. Kenapa namanya sate klathak? Kaprikornus ketika satenya dibakar terdengar bunyi 'klatak-klatak' dari daging yang dibakar tersebut, makanya jadi disebut sate klathak. Ini juga jadi salah satu masakan wajib kalo mampir ke Yogyakarta.

Tips Liburan di Yogyakarta
Pastinya sebelum mulai hunting kulinernya yang lebih dulu dihunting tiket pesawatnya nih. Kebetulan bulan September ini Sriwijaya Air punya promo tiket pesawat untuk liburan dari Jakarta menuju Yogyakarta. Harga promo tiket penebangan yang ditawarkan mulai dari 350ribuan. Informasi lebih lanjut dan pemesanan tiket dapat dilakukan di Tiket2.com.


Nah kalo kalian, masakan favorit Yogyakartanya apa aja?

Back To Top