Info wisata kekinian

Kemenpar Gelar Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional Tahun 2016

Laju pertumbuhan dan perkembangan pariwisata halal semakin menggairahkan di Indonesia. Menurut The MasterCard-Crescent Rating bulan puasa Travel Report, Indonesia pun masuk dalam jajaran Top 20 Tujuan Wisata Traveler Muslim Saat Ramadhan 2016, dimana Indonesia  menempati peringkat kedua.  Negara-negara tersebut di antaranya: Malaysia, Indonesia, Singapura, Turki, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, Maladewa, Uni Emirat Arab, Iran, Oman, dan negara lainnya.

Untuk destinasi wisata halal di dalam negeri ada tiga provinsi yang telah ditetapkan sebagai kawasan tujuan wisata halal, yaitu: Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Wisata halal bukan saja dalam urusan kuliner, namun termasuk juga layanan wisata lainnya (penerbangan, hotel, apartemen, distributor layanan wisata, sampai website.

Pada pertengahan tahun 2016, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional Tahun 2016.

A. KATEGORI
1. Kategori Penerbangan Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
2. Kategori Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
3. Kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
4. Kategori Hotel Luxurious Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
5. Kategori Apartemen Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
6. Kategori Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
7. Kategori Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik
8. Kategori Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
9. Kategori Perusahaan Kapal Pesiar Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
10. Kategori Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik
11. Kategori Operator Haji dan Umroh Terbaik
12. Kategori Destinasi Wisata Halal Terbaik
13. Kategori Destinasi Kuliner Halal Terbaik
14. Kategori Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim

B. PERSYARATAN DAN KRITERIA
Adapun untuk persyaratan dan kriteria peserta, yaitu:
1. Usaha
a. Memiliki izin usaha sesuai bidangnya
b. Telah memiliki akta sesuai yang diharuskan masing-masing industri (contoh: penjabaran bintang untuk Hotel)
c. Memiliki dan diterapkannya standar yang mengatur terwujudnya bisnis / produk yang Family Friendly atau Muslim Friendly

2. Destinasi
a. Memiliki minimal 3 atraksi unggulan yang bertaraf internasional / nasional
b. Memiliki hotel yang dikelola jaringan internasional / bintang 4 keatas
c. Memiliki Bandar Udara Internasional
d. Pemda setempat memiliki akad untuk membuatkan Pariwisata Halal

3. Bandara
Bandar Udara bertaraf Internasional

C. PENILAIAN
1. Profil
Menceritakan perihal diri (usaha, destinasi, pengelola web) secara lengkap, kelebihan / keunggulan / keistimewaannya, kemudahan aksesibilitas, fasilitas-fasilitas yang dipunyai yang juga mencerminkan Muslim Friendly atau Family Friendly dengan memuat point-point berikut :

- Komitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan Wisatawan Muslim
- Komitmen terhadap Sertifikasi Halal untuk produk makanan dan minuman
- Komitmen untuk penyediaan akomodasi kemudahan untuk berIbadah
- Komitmen tergambar dalam kebijakan, struktur organisasi, kepemimpinan, sistem operasional

2. Key Achievements
Menceritakan perihal performance diri (usaha, destinasi, pengelola web), data pasar/kunjungan dan perkembangannya, capaian dan target pasar/kunjungan, kepuasan konsumen dan kontribusi keuangan serta prestasi yang telah diraih serta capaian dan target pada komitmen-komitmen diatas yang tergambar pada aspek keuangan, kepuasan pelanggan, Sistem dan Prosedur serta pembinaan SDM

3. Unique Characteristics
Inovasi dan terobosan produk dan pelayanan yang sesuai pada akad pemenuhan kebutuhan Wisatawan Muslim

D. TIM SCHEDULE KOMPETISI PARIWISATA HALAL NUSANTARA
1. Pendaftaran penerima 13 Juni - 31 Juli 2016
2. Seleksi dan pengumuman nominator 1 - 8 Agustus 2016
3. Pelaksanaan Voting 9 Agustus - 26 Agustus 2016
4. Pengumuman pemenang 30 Agustus 2016
5. Pemberian penghargaan pemenang 8 September 2016

E. PANDUAN PENDAFTARAN
Peserta melaksanakan pendaftaran dengan cara mengirimkan data terkait:
a. Persyaratan Umum
b. Profile, Key Achievements dan Unique Characteristics (baik dalam bentuk tulisan, foto-foto terbaik dan audiovisual).
c. Memberikan referensi visualisasi dari destinasi, usaha, produk dan layanan yang dinominasikan.

Data dikirim ke alamat e-mail: kompetisi.nasional@halaltourism.id

E. KONTAK
Untuk informasi menghubungi alamat dan contact person di bawah ini:
Sekretariat Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal
Kementerian Pariwisata RI
Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya
Jalan Medan Merdeka Barat No.17 Jakarta

Email: sekretariat@halaltourism.id
Telp: (021) 3838211 Fax: (021) 3451870
Marsha Nadila - Mobile: 0811-998-317
Widiya Putri - Mobile: 0857-8183-1813
Back To Top