Selasa, 22 November 2016
Maskapai nasional Garuda Indonesia kembali meraih prestasi sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines). Penghargaan ini tidak hanya memberi dampak nyata bagi Garuda Indonesia, tapi juga pariwisata Indonesia.
Garuda Indonesia dinobatkan sebagai yang terbaik bersama dengan 22 maskapai lainnya di dunia. Penghargaan diberikan Airline Passenger Experience Association (APEX), asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat. Dan awardnya secara resmi diberikan dalam kegiatan seremonial APEX Award Ceremony Expo 2017 di Long Beach, California, beberapa waktu lalu.
Five Star Recipients of the 2018 Official Airline Ratings
Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansuri mengatakan, dalam kegiatan itu Garuda Indonesia diumumkan sebagai "Five Star Recipients of the 2018 Official Airline Ratings". Ini merupakan kegiatan pemeringkatan penerbangan pertama yang didasarkan pada umpan balik penumpang yang terverifikasi dan tersertifikasi.
"Keberhasilan Garuda Indonesia meraih predikat sebagai maskapai bintang lima ini merupakan wujud dari komitemen serta hasil kerja keras seluruh karyawan dalam menunjukkan layanan terbaik kepada para pengguna jasa," ujar Pahala N. Mansuri, Rabu (11/10).
Lebih lanjut Pahala mengatakan, penghargaan ini juga semakin menegaskan kembali posisi Garuda Indonesia sebagai pemimpin global dalam hal pengalaman dan kenyamanan penumpang.
"Kami juga mengucapkan terima kasih atas perlindungan yang diberikan oleh pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia mampu meraih predikat prestisius ini," ujar Pahala.
Sebelumnya Garuda Indonesia juga telah meraih predikat sebagai “The World’s 5-Star Airline” dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London, semenjak Desember 2014 lalu.
Penilaian 24 Oktober 2016 hingga 31 Juli 2017
Dalam penilaiannya, APEX melaksanakan kerja sama dengan TripIt dari Concur yakni sebuah aplikasi pengorganisasian perjalanan dengan rating tertinggi di dunia, untuk mengumpulkan feedback penumpang secara anonim berdasarkan perjalanan mereka yang telah diverifikasi. Dengan menggunakan skala lima bintang, lebih dari 500.000 penerbangan dinilai oleh penumpang dari seluruh dunia pada periode waktu antara 24 Oktober 2016 hingga 31 Juli 2017.
Para penumpang diminta untuk menilai keseluruhan pengalaman penerbangan mereka dan kemudian diberikan kesempatan untuk memberi peringkat di lima subkategori, adalah kenyamanan kursi, layanan kabin, makanan dan minuman, hiburan dan Wi-Fi. Peringkat keseluruhan tersebut kemudian disertifikasi oleh layanan audit eksternal dan digunakan untuk menetapkan The 2018 Official Airline Ratings.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat atas prestasi yang kembali diraih Garuda Indonesia. Prestasi ini dikatakannya tidak hanya berdampak nyata bagi Garuda Indonesia, tapi juga pariwisata Indonesia. Selama ini dikatakan Menpar, Garuda Indonesia menjadi bab penting dalam kemajuan pariwisata Indonesia.
Mendukung kegiatan promosi Wonderful Indonesia
Selain dari layanan penerbangan ke aneka macam destinasi, Garuda Indonesia juga selalu senantiasa mendukung kegiatan promosi Wonderful Indonesia.
"Di tubuh pesawat Garuda Indonesia terpampang logo Wonderfu Indonesia," ujar Menpar Arief Yahya.
Layanan yang terbaik dan ramah dari seluruh kru Garuda Indonesia merepresentasikan wajah dari masyarakat Indonesia. Yang kaya akan budaya dan keramahan. Garuda Indonesia dalam layanan hiburan in-flight juga menghadirkan aneka macam video promosi wacana Indonesia.
Lebih lanjut Menpar mengatakan, raihan prestasi yang diraih Garuda Indonesia ini juga menunjukkan kesepakatan CEO-nya yang tinggi sehingga dapat menjaga performance-nya dengan baik.
"Saya selalu mengatakan, kalau ingin menjadi pemain kelas dunia harus menggunakan global standard," kata Menpar Arief Yahya.
Arief Yahya pun mendorong Garuda Indonesia untuk terus memperluas jaringan seiring kebijakan bebas visa terhadap aneka macam negara dalam rangka meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia.