Info wisata kekinian

Info Backpacker Wisata ke Puncak Sikunir, Dieng - Wonosobo (Transportasi dan Biaya)

Tips Wisata Dieng - Berburu Sunrise di Puncak Sikunir - Dieng Jawa Tengah

JanganLupaBahagia.com - Menurut info wisata dieng plateau terbagi oleh 2 kabupaten yaitu banjarnegara dan wonosobo. Saat kami nenanyakan kepada warga setempat, ternyata memang benar. Dieng yakni sebuah daerah wisata alam yang berada di tengah pula jawa tepatnya di Persiapan Mendaki Gunung untuk Pemula - Perlengkapan dan Peralatan yang harus dibawa, kali ini kami akan menulis gosip wisata puncak sikunir dieng.

SUnrise Puncak sikunir dieng - biaya tiket masuk sikunir dieng
Puncak Sikunir (Doc: Tim BM Cilacap)
Puncak Sikunir adalah sebuah puncak perbukitan yang berada di daerah Dieng Plateau - Jawa Tengah. Disana, kita mampu menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise yang sangat indah. Anda hanya perlu mendaki sekitar 30 menit saja dari area parkir. Dari puncak ini, anda dapat melihat beberapa gunung seperti, Slamet, gunung sindoro, merapi, sumbing dan merbabu.

Berikut akan kami jelaskan untuk bagaimana cara untuk mencapai Puncak Sikunir - Dieng Plateau.
Perjalanan Dari Jakarta - Puncak Sikunir Dieng
Perjalanan Jakarta - Wonosobo
Persiapan dimulai dari terminal Lebak Bulus, Jakarta. Kami menaiki bus Sinar Jaya seat 2-3 ekonomi jurusan Lebak Bulus - Wonosobo (Terminal Mendolo)  dengan tarif Rp. 80.000,-/orang. Kami berangkat dari Lb.Bulus jam 06.00 dan hingga 18.00, sudah 12 jam perjalanan Jakarta - Wonosobo.
Wonosobo - Dieng
Dari terminal mendolo, anda pribadi naik angkot wanra kuning ke kota wonosobo, lalu setelah itu naik micro bus jurusan dieng dengan biaya Rp. 20.000,-/orang. Anda akan diantarkan ke jantung kecamatan dieng. Kami sendiri ketika itu lebih memilih menyewa kendaraan beroda empat dengan kisaran harga Rp. 350.000,- (nego + Supir) karna untuk fleksibilitas waktu.

Karena pada awalnya tujuan kami yakni berburu sunrise puncak sikunir, maka ketika itu kami menetap disebuah penginapan murah disekitaran dieng. Anda juga mampu mendirikan tenda kemah di bersahabat puncak sikunir dengan harga sewa Rp. 100.000,-/per tenda (kapasitas 6 orang)
Info Penginapan Dieng
Untuk penginapan kamar sendiri, didieng terbilang murah. Banyak wisma yang disewakan  bukan perorang, tapi perkamar. Kisaran Harganya sekitar Rp. 200.000,- hingga Rp. 400.000,- perhari/ kamar. Anda juga mampu mendirikan tenda kemah di bersahabat puncak sikunir dengan harga sewa RP. 100.000,-/per tenda (kapasitas 6 orang)
Foto Sunrise Puncak sikunir dieng - biaya tiket masuk sikunir dieng
Sunrise Puncak Sikunir (Doc: Hafid Maulana)
Perjalanan Menuju Pendakian Puncak Sikunir (Info Tiket Sikunir)
Kami memulai perjalanan dari penginapan jam 4 pagi, cuaca ketika itu sangat ekstrim dengan suhu -4 derajat celcius. Dari penginapan kami, sekitar 30 menit untuk menuju ke Area Pendakian Puncak Sikunir. Untuk kearea tersebut, anda harus membayar tiker masuk sikunir - dieng dengan harga Rp. 10.000,- perorang. Dan parkir Rp. 5.000,/ per kendaraan.

Untuk pendakian sikunir sendiri hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja (300 meter pendakian). Jika anda yakni orang lanjut usia, anda mampu menggunakan sewa gendong yang ada diarea parkir puncak sikunir
Estimasi Biaya: Jakarta - Puncak Sikunir
Seperti biasa, Blog TIM BM Janganlupabahagia.com akan coba memperkirakan biaya perorangan untuk menuju wisata puncak sikunir dieng. Ini yakni biaya relatif yang kami gunakan.
Perorangan :
  • Bus Jakarta - Wonosobo : Rp. 80.000,-/orang (Bus Sinar Jaya)
  • Angkot Terminal Mendolo - Kota : Rp. 3.000,-/orang
  • Micro bus kota - dieng : Rp. 15.000,-/orang
  • Makan 3X : Rp. 50.000,-/orang
  • Tiket Masuk Sikunir : Rp. 10.000,-
Kelompok :
  • Sewa kendaraan beroda empat : RP. 350.000,- / kendaraan beroda empat - Motor : Rp. 50.000,- / motor
  • Penginapan (Wisma) : Rp. 250.000,-/malam
  • Jika Tenda : Rp. 100.000,-/tenda
  • Parkir : Rp. 5.000,-
Sunrise sikunir dieng
DocInstagram
Saran: 
Menurut kami yang biasa melaksanakan perjalanan backpacker, ini termasuk biaya yang cukup mahal kalau anda hanya melaksanakan perjalanan sendiri atau dengan kelompok yang kurang dari 5 orang. Untuk mensiasatinya, disarankan anda membawa tenda camping,  peralatan masak gunung, dan logistik sendiri dari rumah. Anda mampu mendirikan tenda camping disekitar area danau dikawasan parkir puncak sikunir.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menuju daerah Dieng:
  • Dieng yakni daerah wisata terkenal di jawa tengah, untuk menghindari macet. Anda disarankan untuk tidak ke dieng ketika hari liburan menyerupai Tahun Baru, Idulfitri atau Natal.
  • Dieng yakni salah satu area pegunungan dengan suhu mencapai minus 15 derajat. Kaprikornus bawalah jaket gunung atau jaket tebal yang aman.
  • Untuk anda backpacker, disarankan membawa perbekalan secukupnya. Karena makan disana relatif mahal.
  • Jangan ingat kenangan bersama mantan kekasih anda.
Itu ia artikel kami yang membawas info wisata dieng - Puncak sikunir. Kemana pun anda jalan-jalan tetap jaga keselamatan mantan anda dan jangan buang kenangan sampah sembarangan! Terimakasih, biar bermanfaat. 

Baca Juga: Info Pendakian Gunung Prau  - Dieng
Back To Top