Info wisata kekinian

4 Aplikasi Smartphone yang Bisa Bantu Kamu ketika Mendaki Gunung

Kamu berencana Mendaki Gunung? Install Aplikasi ini di Smartphone Kamu. Semoga Membantu!

Zaman semakin berubah, peralatan semakin canggih yang tentunya bisa membantu kau memberikan hobi. Kalau zaman dulu, kata orang mendaki itu cukup sulit alasannya yaitu jalan masuk dan juga peralatan yang tidak secanggih ketika ini. Tapi, ketika ini semuanya berubah dengan alat dan penunjang yang semakin berkembang. Menyampaikan hobi semakin gampang, termasuk kegiatan survival yang hampir semua orang bisa melaksanakan jikalau memang merasa mampu, termasuk mendaki gunung.



Setelah sebelumnya, JanganLupaBahagia.com menunjukkan tips mengenai aplikasi wajib untuk traveling, kali ini kami akan menunjukkan beberapa rekomendasi aplikasi smartphone yang bisa membantu kau menunjang hobi mendaki gunung atau kegiatan di alam bebas lainnya. Setidaknya ada 4 aplikasi yang kami sarankan untuk menunjang acara atau hobi kau naik gunung. Berikut aplikasi-aplikasi smartphone android & iOS tersebut.

1. Freemeteo


Freemeteo App

Aplikasi Freemeteo ini mungkin bisa membantu kau dalam mengetahui prakiraan cuaca ataupun suhu di gunung yang kau rencanakan untuk didaki. Aplikasi gratisan ini bisa kau manfaatkan untuk mengetahui suhu udara hari ini maupun beberapa hari ke depan.

Freemeteo disarankan alasannya yaitu mengulas gosip yang cukup lengkap, meskipun kita mencari info suhu gunung terkini. Tinggal cari nama gunungnya, kau akan menerima gosip suhu gunung terbaru dari Freemeteo. Freemeteo juga bisa kau jalan masuk melalui mobile browser.

Baca: Profil Pendaki Cantik

2. BackCountry Navigator


BackCountry Navigator Pro Apk

Mungkin belum banyak yang tahu perihal aplikasi smartphone yang menurut kami sangat membantu ini. Aplikasi ini memang hampir seakan-akan dengan Google Maps, namun kelebihannya yaitu terletak pada fitur offline mode dan detail ketinggian tanah daerah kau berdiri.

Jadi sebelum kau mendaki gunung, kau disarankan untuk mendownload area gunung di aplikasi tersebut, sehingga bisa kau gunakan ketika mendaki yang notabene tidak bisa menemukan signal internet. Back Country Navigator ini juga ada fitur kompasnya. Aplikasi ini juga sempat aku gunakan ketika mendaki gunung burangrang, dan berjalan dengan baik.

3. Muncak (Karya Anak Bangsa)

 
Aplikasi Muncak, Karya Anak Bangsa!

Nah ini beliau aplikasi karya anak bangsa, yang memang diperuntukan untuk para pendaki gunung indonesia. Namanya Muncak App. Dengan aplikasi ini, para pendaki bisa menyebarkan pengalaman mendaki di profil penggunanya masing-masing. Selain itu, buat kau yang ingin cari sahabat mendaki (cari barengan) juga bisa.

Aplikasi karya anak bangsa ini sudah bisa didownload secara gratis dalam versi alpha di Play Store kamu. Meskipun kami masih menemukan beberapa kelemahan ataupun bugs dalam aplikasi ini, tapi aplikasi ini patut kau coba.


4. MeetUp



Ist. MeetUp Android App

Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Muncak. Pengguna bisa membuat sebuah trit/thread di aplikasi ini untuk mencari sahabat traveling ataupun mendaki. Aplikasi ini juga cukup populer dikalangan traveler yang ingin mengadakan open trip.


Itu beliau 4 rekomendasi aplikasi android dan iOS yang sekiranya bisa membantu kau dalam kegiatan ekspedisi naik gunung. Walaupun tidak menjamin keselamatan kamu, tapi setidaknya bisa dicoba mumpung gratis :D. Mungkin ada komplemen dari para pendaki? Yuk kasih tahu kami di kolom komentar. Semoga bermanfaat :)

Baca juga:



5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Papandayan
5 Wisata Curug Terpopuler di Kabupaten Bogor
Tag : Gunung, Tips, Top Info
Back To Top