Info wisata kekinian

Sinopsis Sinetron Kampung Kendang MNCTV

Hiburan layar beling mampu menjadi media promosi pariwisata yang cukup efektif. Misalnya dulu dalam sinetron komedi "Preman Pensiun" wajah wisata Kota Bandung mampu lebih terangkat pamornya. Lokasi wisata menyerupai kawasna Jln. Braga, Gedung Merdeka/Cikapundung, Saung Angklung Udjo, Puncak Bintang, dan lainnya di Kota Bandung terekam dalam adegan-adegan tokoh Kang Mus dan kawan-kawan.

Kini, sinetron "Kampung Kendang" produksi ANP yang ditayangkan di MNCTV setiap Senin - Jumat pukul 17.00 WIB (sebelumnya pukul 19.00) juga menyajikan latar wisata tersebut. Berbeda dengan "Preman Pensiun", sinetron "Kampung Kendang" mengambil latar di tempat Garut. Keindahan panorama Garut dengan kontur alam perbukitan menjadi daya tarik tersendiri.

Aktivitas keseharian warga yang hasil utamanya dari pertanian menjadi sajian dalam sinetron ini. Selain itu, aneka potensi masakan juga produk kerajinan rakyat menyerupai dodol, kerajinan kulit, dan lainnya turun disajikan dalam sinetron yang mulai tayang pada 5 Januari 2017 ini.

Sinopsis sinetron "Kampung Kendang"
Adapun para tokoh yang dihadirkan diisi oleh para pemain film dan aktris senior dan pendatang baru. Namun kebanyakan ialah mereka yang biasa berkecimpung dalam dunia komedi, di antaranya ada trio P Project (Daan, Joe, Iang), juga pelawak Sunda menyerupai Ceu Popon dan pemeran si kembar Rohman-Rohim. Pemain lainnya diisi dari eks "Preman Pensiun (Vina Ferina, Sandi Tile, Pangeran Tyson, Resty Wulandari, Abenk Marco, Ridwan Anugrah, dan lain-lain).

Basajan alias sederhana itulah jalan dongeng dalam sinetron ini. Bila pada kurun '80-an pernah ada sinetron "Inohong di Bojongrangkong" inilah tipikal jalannya dongeng sinetron komedi  "Kampung Kendang". Secara terpusat ada tema berkutat pada tiga keluarga, yakni Juhana, Arya, dan Darma yang masing-masing diperankan trio P Project: Joe, Daan Aria, dan Iang Darmawan.

Kisah keluarga Kang Juhana, Kang Arya, dan Kang Darma
Kang Juhana (Joe 'P Project') punya abjad koboy ndeso dan suka menarik hati perempuan. Namun tiap perempuan yang digoda selalu menampik rayuannya. Ia punya istri berjulukan Ceu Iroh yang super judes dan mengekang suaminya. Anaknya berjulukan Kevin yang menaruh hati pada anak musuh ayahnya berjulukan Sabila.

Kang Juhana selalu ambil celah kesempatan untuk menarik hati perempuan lain. Kang Juhana punya pekerja di kebun, yakni Aan, Dayat, dan Sobri. Kang Juhana ialah musuh turun-temurun Kang Darma. Kang Juhana punya tiga pekerja di kebun, yakni Aan (Sandi Tile), Dayat (Pangeran Tyson), dan Sobri.

Ada pula kisah keluarga Kang Arya (Daan 'P Project') yang mempunyai istri berjulukan Ceu Lilis. Kang Arya ialah pedagang pupuk dan punya sopir pengantar pupuk berjulukan Samid. Kang Darma dan istrinya ialah tipikal keluarga harmonis. Untuk cucian baju keluarga Kang Arya, dibantu oleh tokoh Ceu Popon.

Anak tunggal Kang Arya berjulukan Ivan, seorang perjaka yang suka ngoprek motor. Ivan tidak bekerja dan tidak pula kuliah. Ivan ingin berguru usaha dan pernah mencoba dagang jaket kulit bersama temannya berjulukan Ujang. Namun, Ujang ialah tipe sahabat oportunis dan sangat pemalas.Ivan pun pernah pernah disarankan oleh ayahnya untuk dagang hasil pertanian dan berguru sama Kang Juhana dan Kang Darma. Namun, perseteruan kedua ndeso tersebut kesudahannya membuat Ivan malas untuk berguru usaha dagang hasil tani.

Keluarga ketiga ada Kang Darma (Iang Darmawan 'P Project'). Musuh turun-temurun Kang Juhana ini punya istri berjulukan Ceu Empat (Vina M. Ferina). Kang Darma dan Ceu Empat punya dua anak perempuan, Teteh Sabila dan Neng Nabila. Yang satu masih kuliah dan satu lagi masih SMP. Anaknya yang bungsu ialah anak tomboy, senang main di sawah, memancing, main bola, sampai berlatih silat. Nabila punya dua sohib anak laki-laki berjulukan Aduy dan Adit.

Hobinya anak bungsu Kang Darma dengan anak laki-laki dan inilah yang kerap jadi masalah. Salah satu korban Sabila ialah Odoy, anak buruh tani berjulukan Ceu Acih. Mang Darma pun punya pekerja di kebun yakni Mang Idin serta si kembar Rohman dan Rohim.

Tokoh dan kisah lainnya
Kebiasaan Kang Juhana, Kang Darma, dan pekerja kebun ialah ngumpul di warung Neng Lina. Inilah tempat bertemunya para warga dan kadang juga tempat sang Hansip Kampung Kendang berjulukan Sarip numpang minum kopi. Tokoh lainnya ada Pak RT yang hobi dan profesinya memelihara ayam. Juga ada Ratna, wanita cantik pegawai kelurahan yang ditaksir Kang Juhana. Ratna ialah sahabat Kang Juhana dan Kang Darma waktu SMP.

Adapun kisah percintaan digambarkan oleh sosok Sabila dan Adit yang penuh romantika gaya anak kampus. Keduanya kuliah di Universitas Garut (Uniga). Cinta Kevin terhalang oleh Angga yang mengejar-ngejar Sabila. Namun sahabat Sabila berjulukan Mela selalu mendorong keduanya untuk jadian. Kevin cemburu alasannya kedekatan Sabila dengan Angga, sementara Sabila pun sama cemburu pada Kevin yang bersahabat dengan si gadis berkerudung yang biasa dipanggil. Onyas.

Tokoh lainnya ada trio buruh tani berjulukan Ceu Een, Ceu Titin, dan Ceu Acih. Kadang ketigan menjadi biang gosip, salah satunya suka melaporkan kelakuan Kang Juhana pada Ceu Iroh. Kang Juhana selalu curi kesempatan untuk mendekati Neng Yeti (Resty Wulandari), si cantik kembang desa yang berprofesi sebagai penyanyi dangdutan organ tunggal.
Back To Top