Info wisata kekinian

Liburan Lebaran, Kemenpar Luncurkan #MudikPenuhPesona

 Libur lebaran yaitu salah satu momentum istimewa yang paling ditunggu Liburan Lebaran, Kemenpar Luncurkan #MudikPenuhPesona

Libur lebaran yaitu salah satu momentum istimewa yang paling ditunggu-tunggu oleh Kementerian Pariwisata guna meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan sebagai upaya pencapaian target 275 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019.

Target capaian wisman dan wisnus tersebut merupakan amanat pribadi Presiden Joko Widodo yang harus dilaksanakan guna membuatkan sektor pariwisata Indonesia. Mengulang kesuksesan aktivitas promosi wisata lebaran tahun lalu, Kemenpar kembali meluncurkan terobosan aktivitas #MudikPenuhPesona guna mempromosikan destinasi pariwisata jalur mudik 2017 yang potensial untuk dieksplorasi oleh para wisatawan.

Momen setelah Ramadan
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan kalau momen libur lebaran 2017 ini sangat efektif untuk menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah yang besar setelah sempat menurun selama bulan Ramadan. “Saat bulan puasa, jumlah wisman dan wisnus memang menurun drastis, tapi ketika libur lebaran, pasti terjadi pergerakan besar-besaran dari wisnus dengan jumlah mencapai 20 juta”, ungkap Menpar (27/05).

Selain itu, Menpar menambahkan kalau libur Idulfitri 2017 yang cukup panjang ini merupakan kesempatan yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai waktu liburan keluarga yang berkualitas. "Untuk memanjakan wisatawan, Kemenpar memberikan tumpuan atraksi di beberapa destinasi jalur mudik lebaran melalui #MudikPenuhPesona", ungkap Arief.

#MudikPenuhPesona merupakan aktivitas lanjutan dari layanan panduan paket libur lebaran yang bertujuan untuk mempermudah para pemudik untuk mencari tumpuan destinasi wisata mudik yang bisa dieksplorasi selama waktu libur lebaran yang cukup panjang.

Layaknya aktivitas #PesonaLebaran yang sukses dikampanyekan tahun lalu, aktivitas #MudikPenuhPesona ini secara khusus akan menyajikan isu seputar atraksi di destinasi mudik ibarat event selama lebaran, masakan khas lebaran, serta buah tangan lebaran yang menarik. Layanan ini sangat mudah diakses diberbagai mesin pencari (search engine), cukup dengan menuliskan #MudikPenuhPesona, detinasi wisata mudik akan pribadi tersedia.

"Dipilihnya aktivitas #MudikPenuhPesona ini tidak lain sebagai upaya Kemenpar untuk mempromosikan titik-titik destinasi wisata mudik yang kemungkinan besar hanya bisa melejit setiap setahun sekali, yakni ketika momen mudik lebaran", imbuh Menteri asal Banyuwangi ini.

Alasan inilah yang melatarbelakangi diangkatnya aktivitas #MudikPenuhPesona untuk memperkenalkan potensi destinasi wisata mudik yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti: Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Pekalongan, Magelang, Surabaya, Banyuwangi, Tanjung Kelayang, Makassar, Bunaken, Raja Ampat, Wakatobi dll.

Tagar lainnya
Selain itu, dalam kesempatan ini, Kemenpar juga memberdayakan netizen, masyarakat, serta komunitas pecinta pariwisata di masing-masing tempat untuk saling mempromosikan daerahnya.

Lebih lanjut, Menpar Arief Yahya memberikan secara rinci kalau semenjak tanggal 22 Juni sampai 1 Juli 2017, Kemenpar setiap hari akan meluncurkan #MudikPenuhPesona diikuti dengan hashtag suplemen #WisataJalurMudik, #PesonaCeritaMudik, #PesonaTakbir, #PesonaKetupatLebaran, #KulinerKhas, ##PiknikLebaran, #PesonaOlehOleh, #MemoryLebaran.

"Hashtag ini nantinya diperlukan bisa mendorong keikutsertaan dan keterlibatan bawah umur muda pecinta pariwisata untuk mengambil bab sebagai duta pariwisata daerahnya", pungkasnya.

Untuk memastikan suksesnya aktivitas #MudikPenuhPesona ini, Kemenpar telah jauh-jauh hari melaksanakan koordinasi dengan Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pariwisata tempat terkait semoga potensi wisata dapat dipromosikan dan pelayanan wisnus dapat dimaksimalkan. (Humas Kemenpar)
Back To Top