Sabtu, 31 Desember 2016
Bersama 9 kawasan lainnya, Kota Bandung terpilih sebagai salah satu dari 10 Destination Branding dalam rangka mendukung brand Wonderful Indonesia di kancah Internasional. Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menghadiri program Launching 10 Destination Branding Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang bertempat di Auditorium Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Jakarta, Rabu (14/6/2017)
Kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding gres tersebut yakni Medan, Kepulauan Riau, Jakarta, Bandung (Jawa Barat), Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Banyuwangi, Bali, Lombok, Makassar, dan Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat). Dalam konferensi pers, Oded mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah memasukan Kota Bandung menjadi satu dari sepuluh destinasi wisata Indonesia.
Sektor pariwisata dengan keterbatasan sumber daya
Tidak ibarat 9 wilayah lainnya, Kota Bandung membuatkan sektor pariwisata dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Menurut Oded, Bandung memiliki ciri khas yaitu wisata fashion, kuliner, dan budaya tersendiri. Menurutnya, Kota Bandung memang tidak punya laut, tidak punya wisata alam, benar-benar kota, tapi kita punya fashion, kuliner, dan budaya.
Dengan sumber daya yang ada, Oded masih berbangga dengan jumlah wisatawan yang mengunjungi Kota Bandung setiap tahunnya. Oded pun mengungkapkan bahwa meski pariwisata di Bandung terbatas, tapi Kota Bandung per tahun sudah ada 6 juta wisatawan yang berkunjung.
Oded juga memaparkan kemudahan yang mampu ditemui di Kota Bandung sebagai kota Pariwisata. Menurutnya, di Kota Bandung ada 10 museum, 280 tempat hiburan, 160 bangunan cagar budaya yang sudah terdaftar dari total 600, kemudian tentunya ada masakan ada 1200 kafe dan restoran dan punya 20 taman kota tematik.
Oded pun berharap dengan segala kesempatan yang ada dapat membuatkan bidang kepariwisataan di Kota Bandung.